nadamutiara, 04 August 2017 Kota Yogyakarta Meraih Adipura 2017
berita

Pada hari Rabu, tanggal 2 Agustus 2017, bertempat di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, diselenggarakan acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2017. Acara ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, dan diisi dengan pemberian sejumlah penghargaan, yaitu Adipura, Adiwiyata, Kalpataru, dan Nirwasita Tantra.

Tahun ini Kota Yogyakarta merupakan salah satu dari kategori Kota Besar yang memperoleh Adipura. Ini adalah kali pertama Kota Yogyakarta memperoleh penghargaan Adipura setelah 4 tahun absen. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar.

Adipura merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada kota-kota di Indonesia yang berhasil dalam mengelola kebersihan dan lingkungan perkotaan. Kategori penilaian ditentukan berdasarkan jumlah penduduk kota, yaitu kota kecil, kota sedang, kota besar dan kota metropolitan. Kriteria penilaian mencakup penilaian fisik dan non fisik, termasuk di dalamnya manajemen atau pengelolaan kebersihan, ruang terbuka hijau, pengendalian pencemaran air, dan pengendalian pencemaran udara.

Kembalinya penghargaan Adipura ke Kota Yogyakarta ini bukan merupakan puncak perjuangan Pemerintah Kota Yogyakarta dan masyarakat Kota Yogyakarta dalam mengelola kebersihan lingkungan, namun diharapkan dapat menjadi sumber motivasi untuk meningkatkan kepedulian dan pengelolaan terhadap lingkungan Kota Yogyakarta supaya menjadi lebih baik lagi.

bangtas
Lokasi Kantor
Search
Statistik Pengunjung
Hari Ini 258 Kemarin 652 Bulan Ini 10,838 Tahun Ini 233,602 Total Pengunjung 559,694
Agenda Rapat Hari Ini

Maaf, belum ada agenda rapat untuk saat ini

Video Youtube
Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Kota Jogja


IKLH Tahun
IKLH
Kualitas Udara
Kualitas Air Sungai
Kualitas Tutupan Hutan
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

BAIK : 0-50
SEDANG : 51-100
TIDAK SEHAT : 101-199
SANGAT TIDAK SEHAT : 200-299
BERBAHAYA : > 300

Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Link Terkait