admin, 10 January 2022 MONITORING DAN EVALUASI BANK SAMPAH
berita

Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Bank Sampah pada 13 Oktober s/d 29 Oktober 2021 di 45 Kelurahan, bersama dengan TP PKK Kota Yogyakarta dan Jejaring Pengelola Sampah Mandiri (JPMS). Kegiatan monitoring dan evaluasi dihadiri oleh 432 bank sampah dari 512 bank sampah yang terdata sampai dengan bulan September 2021.

Tujuan dari kegiatan monitoring dan evaluasi bank sampah adalah untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh bank sampah sekaligus sebagai sarana diskusi dan pengklasifikasian bank sampah sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan; yaitu Bank Sampah Pembina, Bank Sampah Inovatif, Bank Sampah Reguler dan Bank Sampah Pembinaa

Dari hasil monitoring dan evaluasi, mayoritas bank sampah berhenti berkegiatan (vacum) selama masa pandemi Covid-19 akibat adanya pembatasan kegiatan masyarakat yang menimbulkan kerumunan. Namun dibeberapa bank sampah – dengan kasus Covid-19 yang tidak terlalu tinggi, diatasi dengan memberi nama pada sampah yang telah terpilah dan kegiatan penimbangan hanya dilakukan oleh pengurus bank sampah.

Melalui bank sampah, masyarakat mulai melakukan pengelolaan sampah organik melalui pengomposan, pemanfaatan magot, Eco Enzyme dan losida (lodong sisa dapur). Sedangkan sampah anorganik mulai dibuat kerajinan bunga plastik, tas, dompet, taplak meja, tikar, dll.

Hasil dari kegiatan monitoring dan evaluasi bank sampah adalah pengklasifikasian bank sampah menjadi 4 kategori. Bank Sampah Pembina merupakan bank sampah yang sudah pernah menjuarai lomba bank sampah baik di tingkat Kota/Provinsi dan siap membina bank sampah lainnya. Bank Sampah Inovatif merupakan Bank Sampah yang telah melakukan inovasi yang berkaitan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sampah organic dan anorganik serta pemanfaatan sumber daya bank sampah bagi lingkungan masyarakat. Bank Sampah Reguler merupakan Bank Sampah yang telah melaksanakan kegiatan pemilahan sampah dan pengelolaan sampah secara sederhana, serta Bank Sampah Pembinaan dimana kegiatan bank sampah yang kegiatannya belum terstruktur dengan baik atau vacuum dalam kurun waktu minimal 1 tahun.

Dengan adanya kegiatan monitoring dan evaluasi diharapkan dapat memotivasi bank sampah untuk terus berinovasi dalam mengelola dan memanfaatkan sampah dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada di wilayah masing-masing.

bangtas berita Bank Sampah Peningkatan Kapasitas
Lokasi Kantor
Search
Statistik Pengunjung
Hari Ini 365 Kemarin 521 Bulan Ini 7,783 Tahun Ini 129,550 Total Pengunjung 918,396
Agenda Rapat Hari Ini
Monday / 15 August 2022
07:30 ~ 12:00
ADIPURA DINAS LINGKUNGAN HIDUP ( LANTAI 4 )

Monday / 15 August 2022
13:00 ~ 15:00
KALPATARU DINAS LINGKUNGAN HIDUP ( LANTAI 1 )

Video Youtube
Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Kota Jogja


IKLH Tahun
IKLH
Kualitas Udara
Kualitas Air Sungai
Kualitas Tutupan Hutan
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta
Tanggal

PM10

PM25

CO

NO2

SO2

O3

HC


BAIK : 0-50
SEDANG : 51-100
TIDAK SEHAT : 101-200
SANGAT TIDAK SEHAT : 201-300
BERBAHAYA : ≥ 301

Link Terkait