rizkyselvasari, 08 August 2017 Pemeliharaan Rutin RTHP Kawasan Permukiman di Kota Yogyakarta
berita

Sejak lima tahun belakangan ini RTHP menjadi suatu isu yang hangat di kalangan Pemerintahan Kota Yogyakarta. Pembangunan RTHP mendapat perhatian lebih dari Pemerintah Kota Yogyakarta. Dalam prosesnya, dibutuhkan adanya koordinasi antara DLH Kota Yogyakarta dengan OPD lain terkait dengan porsi dan tupoksi masing-masing yang mendukung proses pembangunan RTHP dari awal hingga RTHP tersebut dapat digunakan untuk pelayanan publik dalam berinteraksi.

Berangkat dari isu hangat tersebut, RTHP yang selama lima tahun belakangan ini sudah dibangun akan dilestarikan dengan pengelolaan yang baik oleh Pemerintah Kota Yogyakarta, terutama yang memiliki kewenangan dalam pengelolaannya. Dalam hal ini, berdasarkan Peraturan Walikota No 5 tahun 2016 tentang RTHP, pengelolaan dilakukan oleh DLH dan Kecamatan setempat.

Dalam pelaksanaan teknisnya, pemeliharaan RTHP termasuk dalam kegiatan pengelolaan itu sendiri. Untuk tahun 2017, pemeliharaan rutin RTHP dikelola secara penuh oleh DLH dikarenakan Pemkot masih dalam upaya penyusunan petunjuk teknis pemeliharaan RTHP bagi wilayah. Terdapat 35 lokasi RTHP yang tersebar di Kota Yogyakarta yang menjadi target pemeliharaan rutin pada tahun ini. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas RTHP sebagai upaya dari Pemkot dalam penyediaan ruang interaksi sehingga warga Kota Yogyakarta dapat terlayani dengan optimal. Pemeliharaan rutin yang dimaksud antara lain pembersihan lokasi RTHP, penyiraman dan pemupukan tanaman di sekitar RTHP, pemangkasan pohon dan tanaman perdu, penyulaman tanaman, perbaikan dan pengecatan fasilitas-fasilitas pendukung di dalam RTHP, dan lain-lain.

Harapannya, pada tahun 2018 pemeliharaan dan pengelolaan RTHP dapat dilakukan oleh DLH bersamaan dengan Kecamatan sehingga amanat dalam Peraturan Walikota No. 5 tahun 2016 tentang RTHP tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, demi terciptanya perasaan handarbeni terhadap RTHP. Sehingga, tercipta koordinasi yang makin masif baik dari warganya maupun pemerintah setempat dan OPD yang berwenang untuk sama-sama melestarikan RTHP di Kota Yogyakarta.

 

RTHP
Lokasi Kantor
Search
Statistik Pengunjung
Hari Ini 171 Kemarin 612 Bulan Ini 9,787 Tahun Ini 136,601 Total Pengunjung 732,301
Agenda Rapat Hari Ini
Thursday / 23 September 2021
12:30 ~ 15:30
Zoom Meeting 8

Video Youtube
Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Kota Jogja


IKLH Tahun
IKLH
Kualitas Udara
Kualitas Air Sungai
Kualitas Tutupan Hutan
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta
Tanggal

PM10

PM25

CO

NO2

SO2

O3


BAIK : 0-50
SEDANG : 51-100
TIDAK SEHAT : 101-200
SANGAT TIDAK SEHAT : 201-300
BERBAHAYA : ≥ 301

Link Terkait