admin, 27 June 2024 PUNCAK ACARA PERINGATAN HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA TAHUN 2024
berita

Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pelestarian lingkungan hidup. Hari Lingkungan Hidup Sedunia berperan sebagai platform untuk mendorong aksi masyarakat secara kolektif dalam upaya penyelamatan dan pelestarian lingkungan yang berkelanjutan.

Pada tahun 2024 ini Hari Lingkungan Hidup Sedunia mengambil Tema "Penyelesaian Krisis Iklim Dengan Inovasi Dan Prinsip Keadilan" Tema ini menjadi pengingat sekaligus ajakan bahwa tindakan penyelesaian krisis iklim dan lingkungan harus diselesaikan dengan inovasi yang dilakukan secara konsisten, baik dilakukan oleh pemangku kepentingan maupun masyarakat sehingga tujuan yg diinginkan bisa tercapai.

Dalam Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta memilih tema “Organikkan Jogja” Pada acara puncak yang diselenggarakan pada Selasa, 25 Juni 2024 di Embung Langensari.

Pada acara puncak tersebut dilaksanakan Aksi Lingkungan bersama-sama dengan beberapa pihak terlibat yaitu masyarakat, akademisi, komunitas lingkungan, pelajar dan pers, dengan kegiatan aksi lingkungan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lapangan Kota Yogyakarta.

Sebelum acara puncak HLH Kota Yogyakarta tahun 2024, ada beberapa rangkaian acara yang diselenggarakan yaitu lomba-lomba yang diikuti oleh siswa-siswi SD, SMP, SMA atau sederajat diantaranya yaitu : 

  • Lomba Poster dan Kampanye yang diikuti oleh siswa-siswi SMP atau sederajat
  • Lomba Bank Sampah Sekolah yang diikuti oleh SD dan SMA sederajat

Rangkaian Acara Puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024 di Kota Yogyakarta diantaranya adalah :

  • Pembuatan Ecobrick - 500 buah
  • Pembuatan Eco Enzyme - 1.500 Liter
  • Pertunjukan Yel-yel Forum Bank Sampah per Kemantren
  • Penyerahan Trophy dan Piagam Penghargaan Sekolah Adiwiyata Kota Yogyakarta Tahun 2024 dan Juara Lomba-lomba dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup
  • Kunjungan Stand Produk Daur Ulang 14 Kemantren
  • Deklarasi “Organikan Jogja”
  • Launching Aplikasi Bank Sampah

Harapan kedepannya adalah masyarakat kota Yogyakarta dapat senantiasa menerapkan budaya dan peduli terhadap lingkungan secara berkelanjutan sehingga mewujudkan Kota Yogyakarta yang bersih dan nyaman.

bangtas Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024
Forum Bank Sampah
Lokasi Kantor
Search
Statistik Pengunjung
Hari Ini 78 Kemarin 470 Bulan Ini 14,226 Tahun Ini 133,856 Total Pengunjung 1,377,099
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat52.78%
Cukup Bermanfaat10.69%
Bermanfaat5.35%
Kurang Bermanfaat5.79%
Video Youtube
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta
Tanggal

PM10

PM25

CO

NO2

SO2

O3

HC


BAIK : 0-50
SEDANG : 51-100
TIDAK SEHAT : 101-200
SANGAT TIDAK SEHAT : 201-300
BERBAHAYA : ≥ 301

Link Terkait