admin, 06 June 2024 PEMBAHASAN PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK (SPP) BIDANG PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN LINGKUNGAN HIDUP DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA YOGYAKARTA
berita

Ketersediaan Standar Pelayanan Publik (SPP) menjadi krusial sebagai pondasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik untuk mewujudkan pelayanan publik yang prima dan profesional dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Sebagai tolak ukur pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan, SPP menjadi komitmen dalam rangka pelayanan berkualitas, terjangkau, dan terukur bagi masyarakat. Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memberikan pelayanan publik menyelenggarakan Rapat Pembahasan Penyusunan Standar Pelayanan Publik (SPP). Kegiatan ini diselenggarakan untuk pelayanan publik yang dilaksanakan melalui Bidang Perencanaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup.

Kegiatan Rapat Pembahasan Penyusunan Standar Pelayanan Publik (SPP) Bidang Perencanaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup ini terbagi menjadi 3 (tiga) sesi, yaitu penyampaian paparan umum mengenai SPP, paparan SPP Bidang Perencanaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup, dan sesi diskusi atau tanya jawab dengan masyarakat. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Selasa tanggal 5 Juni 2024 di Ruang Rapat Adipura Lt.4 Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. Rapat Pembahasan Penyusunan Standar Pelayanan Publik (SPP) Bidang Perencanaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup dihadiri oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Lusiningsih, SE, M.Si dan Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup, Very Tri Jatmiko, S.Si, M.M.

Pemateri dalam kegiatan ini, yaitu Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Lusiningsih, SE, M.Si dan Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup, Very Tri Jatmiko, S.Si, M.M. Kegiatan ini turut mengundang perwakilan dari instansi atau perangkat daerah meliputi Kepala Bagian Organisasi Kota Yogyakarta, Kepala Dinas PUPKP Kota Yogyakarta, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Yogyakarta, dan Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Kundha Niti Mandala Sarta Tata Sasana) Kota Yogyakarta. Unsur media massa diwakili oleh Kepala Dinas Kominfosan Kota Yogyakarta. Perwakilan dari akademisi meliputi perwakilan dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD), Dr. Harjito, ST, M.Si, dari Fakultas Geografi UGM, dan Hj. Warniningsih, ST, M.Kes, dari Institut Teknologi Yogyakarta (ITY). Turut mengundang juga dari perwakilan kelompok/organisasi masyarakat sipil, yaitu Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia – Yogyakarta, Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia – Yogyakarta, Ketua Persatuan Tenaga Ahli Lingkungan Hidup Indonesia (Pertalindo) – DIY. Masyarakat pengguna layanan yang diundang, yaitu Dra. Ina Sita Nuraina, M.Hum (PT Karya Prima Lestari Cemerlang), Ari Susanto, ST (PT Duta Sinergi Alam), Rizal Mahdi Santoko, S.Ars, MT (CV. Citra Tri Candra), Kurniawan, M.Sc., dan Muhammad Zaidan Prihantoro, ST, M.Ling (PT Adare Multi Servis).

Rapat pembahasan penyusunan SPP ini meliputi beberapa pelayanan di Bidang Perencanaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup DLH Kota Yogyakarta, antara lain pelayanan untuk Penapisan Dokumen Lingkungan Hidup, Penerbitan Persetujuan Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup, Penerbitan Rekomendasi Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PKPLH), Penerbitan Rekomendasi Persetujuan Dokumen Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH), Penerbitan Rekomendasi Persetujuan Dokumen Evaluasi Lingkungan Hidup (DELH), serta Pemeriksaan Kerangka Acuan (KA) dan Pelayanan Penilaian Andal dan RKL-RPL

Pada kesempatan ini, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Lusiningsih, SE, M.Si menyampaikan kegiatan pembahasan SPP ini sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik dan mewujudkan inovasi pelayanan publik yang konsisten terutama di lingkup masyarakat Kota Yogyakarta. Dalam pemaparan selanjutnya, dari Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup, Very Tri Jatmiko, S.Si, M.M, penyusunan standar pelayanan publik dalam rangka dokumen lingkungan ini diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Ditambah lagi, standar pelayanan publik yang disusun DLH Kota Yogyakarta tidak hanya mencakup pemaparan pada kesempatan tersebut, melainkan akan ada pembahasan di kesempatan selanjutnya untuk jenis layanan publik di DLH Kota Yogyakarta lainnya seperti terkait penerbitan Persetujuan Teknis dan pelayanan terkait Ruang Terbuka Hijau.

Pada akhir acara dilaksanakan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Hasil Pembahasan SPP Bidang Perencanaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup DLH Kota Yogyakarta dengan perwakilan masyarakat dari unsur perangkat daerah/instansi, media massa, akademisi, masyarakat pengguna layanan, dan Organisasi Masyarakat Sipil.

Berita
Forum Bank Sampah
Lokasi Kantor
Search
Statistik Pengunjung
Hari Ini 202 Kemarin 552 Bulan Ini 16,150 Tahun Ini 114,677 Total Pengunjung 1,357,920
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat52.9%
Cukup Bermanfaat10.49%
Bermanfaat5.36%
Kurang Bermanfaat5.8%
Video Youtube
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta
Tanggal

PM10

PM25

CO

NO2

SO2

O3

HC


BAIK : 0-50
SEDANG : 51-100
TIDAK SEHAT : 101-200
SANGAT TIDAK SEHAT : 201-300
BERBAHAYA : ≥ 301

Link Terkait