admin, 30 April 2024 Verifikasi Lapangan Calon Sekolah Adiwiyata Tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2024
berita

Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk meningkatkan kesadaran serta kepedulian warga sekolah terhadap pentingnya pelestarian lingkungan hidup disekolah maupun disekitarnya. Harapannya dengan adanya program ini dapat mencetak siswa dan siswi yang berperilaku peduli lingkungan pada saat terjun langsung dimasyarakat. Pelaksanaan program adiwiyata menjadi kebanggan tersendiri bagi sekolah yang mengikuti dan berhasil membentuk warga sekolah yang berkarakter dalam kepedulian dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah.

            Bagi calon sekolah adiwiyata program ini dapat menjadi motivasi untuk selalu ingin maju kedepan. Sejauh ini calon sekolah selalu bersemangat dalam melengkapi dokumen dokumen untuk menjadi sekolah adiwiyata. Tahap awal menjadi sekolah adiwiyata ini dimulai dari tingkat kota terlebih dahulu. Setelah Tingkat kota berhasil nantinya dapat maju ke Tingkat provinsi bahkan nasional. Penilain awal untuk menjadi sekolah adiwiyata ini dengan pengumpulan berkas dokumen administrasi lalu dilanjutkan dengan proses verifikasi dokumen administrasi yang telah dikumpulkan sekolah dan untuk melakukan pembuktian dan penilaian yang objektif guna memenuhi kriteria penilain adiwiyata. Tim akan melakukan tahapan verfikasi secara langsung dengan mendatangi sekolah tersebut guna melihat apa saja yang ada dan tidak ada atau kurang dilingkup sekolah secara administrasi maupun sarana prasarana yang seharusnya ada bagi calon sekolah adiwiyata.

            Daftar sekolah yang menjadi calon sekolah adiwiyata tahun 2024 terdiri dari 8 SD dan 2 SMP  diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. SDN Tegalrejo 3
  2. SD Pedagogia
  3. SD Muh Jogokariyan
  4. SDN Pandeyan
  5. SD Muh Wirobrajan 1
  6. SDN Keputran A
  7. SDN Panembahan
  8. SD Eks Mangunan Go
  9. SMP Muh 5 Yogyakarta
  10. SMP Kanisius Gayam

Dengan ke ikut sertaan menjadi calon sekolah adiwiyata diharapkan dapat konsisten dalam menciptakan dan membentuk warga sekolah yang berkarakter peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah. Dan semoga tidak hanya disekolah saja namun mampu diterapkan dilingkungan sekitar dan dikehidupan sehari-hari.

Berita bangtas Adiwiyata
Forum Bank Sampah
Lokasi Kantor
Search
Statistik Pengunjung
Hari Ini 195 Kemarin 552 Bulan Ini 16,143 Tahun Ini 114,670 Total Pengunjung 1,357,913
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat52.9%
Cukup Bermanfaat10.49%
Bermanfaat5.36%
Kurang Bermanfaat5.8%
Video Youtube
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta
Tanggal

PM10

PM25

CO

NO2

SO2

O3

HC


BAIK : 0-50
SEDANG : 51-100
TIDAK SEHAT : 101-200
SANGAT TIDAK SEHAT : 201-300
BERBAHAYA : ≥ 301

Link Terkait