admin, 07 March 2024 KEMAH SAKA KALPATARU KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2024
berita

Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta melaksanakan Kemah Saka Kalpataru Kota Yogyakarta pada Jumat, 1 Maret 2024 s/d Minggu, 3 Maret 2024 di Bumi Perkemahan Desa Wisata Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman. Kemah Saka Kalpataru Kota Yogyakarta diikuti oleh 19 Pangkalan dengan 144 peserta pramuka penegak.

Peserta kemah berkumpul di Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta untuk melakukan daftar ulang dan Apel Pelepasan Kemah Saka Kalpataru yang dipimpin oleh Kak Drs. Sugeng Darmanto, dalam apel disampaikan briefing kegiatan selama perkemahan berlangsung termasuk di dalamnya memuat tata aturan yang perlu dipatuhi oleh peserta kemah.

Upacara Pembukaan Kemah Saka Kalpataru dipimpin oleh Kak Ir. Christina Endang Setyowati di Bumi Perkemahan Pentingsari, disampaikan bahwa Kemah Saka Kalpataru sebagai wadah generasi muda untuk melaksanakan kegiatan nyata dalam pelestarian lingkungan dengan cara yang menyenangkan.

Kegiatan Kemah diisi dengan materi teknik kepramukaan yang dipandu oleh Kwarcab Kota Yogyakarta, pengenalan Saka Kalpataru, Praktik 3 Krida dan penanaman pohon, eco mapping dan ekspresi seni serta rencana tindak lanjut.

Praktek 3 Krida Saka Kalpataru diantaranya adalah praktek pengujian kualitas air, uji emisi kendaraan bermotor, pengolahan sampah organik dan anorganik, pemilahan sampah dan bank sampah serta praktek urban farming yang dipandu oleh UPT Laboratorium Lingkungan DLH Kota Yogyakarta dan Forum Bank Sampah Kota Yogyakarta.

Eco Mapping atau jelajah alam sebagai tempat pramuka penegak melakukan identifikasi lingkungan sekitar sesuai dengan krida saka kalpataru dan mampu memberikan analisis sesuai dengan materi yang telah diterima sebelumnya, dengan diselipkan games untuk melatih dinamika kelompok. Malam api unggun dan ekspresi seni sebagai wadah menjalin keakraban dan edukasi terkait tema pentas seni yang berkaitan dengan lingkungan hidup. 

Kemah hari ketiga peserta dikumpulkan sesuai dengan pangkalannya untuk membuat rencana tindak lanjut terkait kegiatan peduli lingkungan yang akan dilaksanakan di pangkalan masing-masing, sasaran kegiatan, waktu pelaksanaan dan output yang diharapkan. Peserta diberikan kesempatan untuk mempresentasikan rencana yang disusun dan diskusi.

Tujuan dilaksanakannya Kemah Saka Kalpataru sebagai wadah bagi pramuka dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kecakapan untuk meningkatkan kepedulian dan rasa tanggungjawab dalam mengelola, menjaga dan melestarikan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Berita bangtas Saka Kalpataru
Forum Bank Sampah
Lokasi Kantor
Search
Statistik Pengunjung
Hari Ini 563 Kemarin 618 Bulan Ini 12,511 Tahun Ini 67,011 Total Pengunjung 1,310,254
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat53.14%
Cukup Bermanfaat10.54%
Bermanfaat5.38%
Kurang Bermanfaat5.83%
Video Youtube
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta
Tanggal

PM10

PM25

CO

NO2

SO2

O3

HC


BAIK : 0-50
SEDANG : 51-100
TIDAK SEHAT : 101-200
SANGAT TIDAK SEHAT : 201-300
BERBAHAYA : ≥ 301

Link Terkait