admin, 02 November 2023 Gerakan Bersih Sungai Code
berita

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta menyelenggarakan Gerakan Bersih Sungai Code di area DAM Mergangsan (Surokarsan) Kota Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 Oktober 2023 lalu, dengan tujuan untuk membersihan sampah sungai di area ini. Kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan kepedulian warga dan semua pihak untuk saling bekerjasama dalam menciptakan sungai yang bersih dari sampah.

Acara ini melibatkan warga sekitar di wilayah Kelurahan Prawirodirjan (Kemantren Gondomanan), Kelurahan Wirogunan (Kemantren Mergangsan), TNI AL Yogyakarta, Mahasiswa Mapala Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta dan beberapa dari relawan dari Tim Koordinasi Nasional Penanganan Sampah Laut. Dalam Gerakan Bersih Sungai ini dihadiri pula  oleh Pj. Walikota Bp. Singgih Raharjo, S.H., M.Ed.

Menurut data yang dikumpulkan oleh Tim Pengendalian Pencemaran Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, di area DAM ini telah menjadi titik akumulasi sampah paling kritis di aliran sungai Code. Sampah yang terkumpul dari kegiatan ini sekitar 4,6 ton. Satgas sungai DLH Kota Yogyakarta pun secara periodik telah membersihkan sampah di titik ini, meskipun sampah selalu ada. Hal ini pastinya tidak lepas dari kondisi darurat sampah di Kota Yogyakarta, sehingga beberapa oknum secara sengaja membuang sampahnya ke sungai. Tidak hanya dari DLH Kota Yogyakarta, diperlukan peran dari berbagai pihak untuk selalu aktif peduli untuk menciptakan lingkungan yang bersih dari sampah.

DLH
Forum Bank Sampah
Lokasi Kantor
Search
Statistik Pengunjung
Hari Ini 73 Kemarin 550 Bulan Ini 1,152 Tahun Ini 36,360 Total Pengunjung 1,279,603
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat53.26%
Cukup Bermanfaat10.56%
Bermanfaat5.39%
Kurang Bermanfaat5.84%
Video Youtube
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta
Tanggal

PM10

PM25

CO

NO2

SO2

O3

HC


BAIK : 0-50
SEDANG : 51-100
TIDAK SEHAT : 101-200
SANGAT TIDAK SEHAT : 201-300
BERBAHAYA : ≥ 301

Link Terkait