admin, 16 October 2023 Lomba Ecobrick Bagi Bank Sampah Kota Yogyakarta 2023
berita

Dalam menyambut serta ikut menyemarakan rangkaian acara HUT Kota Jogja yang ke 267 Tahun, Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta mengadakan beberapa lomba yang ditujukan untuk bank sampah se kota Yogyakarta sebagai bentuk apresiasi bagi seluruh bank sampah yang ada.

Salah satu lomba bagi bank sampah adalah Lomba Ecobrick, lomba ini bertujuan sebagai ajang kreativitas bank sampah dalam mengolah sampah anorganik dan sampah residu kering dan bersih menjadi sebuah karya yang mempunyai nilai seni.

Peserta lomba nantinya akan terbagi menjadi 2 wilayah Kemantren, yaitu wilayah Utara dan Selatan. Wilayah Utara terdiri dari : Tegalrejo, Jetis, Gondokusuman, Gedongtengen, Danurejan, Pakualaman, Gondomanan, dan Wilayah Selatan terdiri dari : Umbulharjo, Kotagede, Mantrijeron, Wirobrajan, Ngampilan, Mergangsan, Kraton.

Adapun Kriteria penilaian yang menjadi pertimbangan bagi tim juri adalah bagaimana partisipasi warga dalam proses pembuatan ecobrick, Ide/ Kreatifitas Ecobrick, Kegunaan dan Fungsi, Kepadatan botol Ecobrick dan jumlah botol bekas yang digunakan, serta hiasan pendukung dari produk daur ulang.

Proses perlombaan diawali dengan pengusulan peserta lomba yang akan dikirimkan oleh Lurah kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, bank sampah yang akan diusulkan sebagai peserta lomba wajib yang sudah terdata dan terdaftar oleh DLH Kota Yk, Selanjutya setiap bank sampah yang telah diusulkan akan mengirimkan lembar informasi terkait ecobrick yang telah dibuat bank sampah terkait dokumentasi proses pembuatan, bahan daur ulang yang dipergunakan, jumlah ecobrick, serta berat ecobrick per botolnya.

Setelah proses pengumpulan administrasi selesai tim penilai akan melakukan tahap verifikasi lapangan kepada setiap bank sampah agar tim dapat melihat secara langsung karya ecobrick yang telah dibuat bank sampah sehingga dapat memberikan penilaian secara objektif untuk menentukan bank sampah mana yang akan mendapat nilai terbaik.

Harapanya dengan diadakannya lomba ecobrick untuk bank sampah ini nantinya bank sampah akan senantiasa konsisten dan meningkatkan semangat bagi bank sampah dalam melakukan pengolahan sampah organik di masyarakat.

bangtas ecobricks bank sampah kota yogyakarta lomba bank sampah
Forum Bank Sampah
Lokasi Kantor
Search
Statistik Pengunjung
Hari Ini 68 Kemarin 550 Bulan Ini 1,147 Tahun Ini 36,355 Total Pengunjung 1,279,598
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat53.26%
Cukup Bermanfaat10.56%
Bermanfaat5.39%
Kurang Bermanfaat5.84%
Video Youtube
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta
Tanggal

PM10

PM25

CO

NO2

SO2

O3

HC


BAIK : 0-50
SEDANG : 51-100
TIDAK SEHAT : 101-200
SANGAT TIDAK SEHAT : 201-300
BERBAHAYA : ≥ 301

Link Terkait