admin, 06 September 2023 UJI UDARA AMBIEN LINGKUNGAN DENGAN METODE ACTIVE SAMPLER
berita

Udara ambien merupakan udara alami di permukaan bumi yang mempengaruhi kehidupan makhluk hidup, lingkungan dan ekosistem. Udara yang berkualitas baik mengandung oksigen yang diperlukan organisme dalam proses respirasi serta menjaga keseimbangan suhu dan iklim. 

Namun, di banyak wilayah termasuk di Yogyakarta, permasalahan terkait kualitas udara telah menjadi isu serius. Peningkatan aktivitas industri, transportasi, dan urbanisasi telah menyebabkan peningkatan emisi polutan seperti partikel berbahaya (PM2.5 dan PM10) serta gas pencemar seperti nitrogen dioksida (NO2) dan sulfur dioksida (SO2) ke dalam udara. Polusi udara ini dapat memiliki dampak buruk pada kesehatan manusia dan ekosistem secara keseluruhan. Pajanan jangka panjang terhadap polusi udara dapat menyebabkan gangguan pernapasan, penyakit kardiovaskular, dan bahkan berkontribusi pada peningkatan angka kematian dini.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta melaksanakan Kegiatan Pengambilan Sampel Udara Ambien 24 jam dengan lokasi kantor Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Kamis (24/08/23). 

Pengambilan sampel dilakukan dengan metode active sampler menggunakan alat impinger untuk parameter gas NO2, SO2, O3. Selain parameter gas, dilakukan juga pengukuran parameter meteorologis meliputi suhu, kelembaban, tekanan udara, kecepatan angin maupun arah angin menggunakan thermohygrometer dan anemometer. Sedangkan untuk mengetahui seberapa besar tingkat suara di lokasi tersebut dilakukan juga uji kebisingan menggunakan alat sound lever meter. Untuk selanjutnya sampel dibawa ke laboratorium untuk dilakukan proses pengujian lebih lanjut. Seluruh hasil uji nantinya akan digunakan Pemerintah Kota Yogyakarta sebagai dasar perumusan berbagai kebijakan dalam upaya pengendalian pencemaran udara di wilayah kota Yogyakarta.

Penting bagi pemerintah dan masyarakat untuk bekerja sama dalam mengimplementasikan langkah-langkah mitigasi polusi udara, seperti mengurangi emisi kendaraan, mempromosikan energi terbarukan, dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kualitas udara bagi kesehatan dan keberlanjutan lingkungan.

Berita
Forum Bank Sampah
Lokasi Kantor
Search
Statistik Pengunjung
Hari Ini 49 Kemarin 550 Bulan Ini 1,128 Tahun Ini 36,336 Total Pengunjung 1,279,579
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat53.26%
Cukup Bermanfaat10.56%
Bermanfaat5.39%
Kurang Bermanfaat5.84%
Video Youtube
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta
Tanggal

PM10

PM25

CO

NO2

SO2

O3

HC


BAIK : 0-50
SEDANG : 51-100
TIDAK SEHAT : 101-200
SANGAT TIDAK SEHAT : 201-300
BERBAHAYA : ≥ 301

Link Terkait