admin2, 05 September 2023 Kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan KLHS RPJPD dan KLHS RPJMD
berita

Yogyakarta, 5 Juli 2023 - Dalam rangka penyusunan KLHS (Kajian Lingkungan Hidup Strategis) RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) dan KLHS RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), beberapa pihak terlibat, termasuk Tim Pengawas, Bappeda Kota Yogyakarta, BPKAD Kota Yogyakarta, dan PSLH UGM sebagai penyusun KLHS RPJPD dan KLHS RPJMD.

Tujuan dari rapat ini adalah untuk mencapai kesepakatan serta mendapatkan informasi yang diperlukan terkait tervalidasi dan terintegrasi-nya KLHS RPJPD dan KLHS RPJMD dengan Ranwal visi misi 2025-2045 dan visi misi 2025-2030. Proses KP I bertujuan untuk menyaring dan menyepakati isu-isu yang menjadi dasar penyusunan KLHS RPJPD dan KLHS RPJMD. Penyusun berkomitmen untuk mencari informasi terkait data-data yang belum tercapai sebagai dasar analisis diantaranya; data keuangan daerah (PAD), Hibah DAK, potensi perekonomian lokal (UMKM) dan masih banyak lagi.
Dalam rapat yang dilaksanakan di Ruang Rapat Adipura Lantai 4 DLH Kota Yogyakarta ini, Bappeda Kota Yogyakarta menyampaikan kekhawatiran karena belum ada arahan Ranwal (Rancangan Awal) untuk RPJPD dari Pusat. Meskipun ada surat edaran terkait penyelarasan RPJPD dan RPJMD dengan RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah), pihak Bappeda masih meragukan langkah-langkah yang dapat diambil tanpa adanya arahan tersebut. Saat ini, pedoman pelaksanaan masih berlandaskan pada RTRW.
Penyusun KLHS menyampaikan bahwa telah berkomunikasi dengan Bangda Kemendagri (Badan Koordinasi Kemendagri) yang sedang menyusun RPJPN (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional) dan Provinsi yang sedang menyusun RPJPD. Mereka juga akan menggunakan visi misi dari RTRW untuk menentukan arahan kebijakan dari RPJMD hingga tahun 2025. Selain itu, mereka mempertanyakan terkait informasi mengenai anggaran pencapaian masing-masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang ada di BPKAD Kota Yogyakarta untuk keperluan penyusunan KLHS. Dalam penyusunan tersebut juga akan dilakukan rekapitulasi pencapaian realisasi sasaran daerah data dari Bappeda.
Dalam rapat ini, BPKAD Kota Yogyakarta turut menyampaikan bahwa data yang diperlukan sudah terkumpul dari seluruh Pemkot (Pemerintah Kota) Yogyakarta. Pada tahap akhir penyusunan, Magaliasih P R dari Sub Koor Kel Sub PLH DLH (Sub Koordinator Kelompok Sub Perencanaan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup) memohon dukungan dari OPD terkait. Beliau menyampaikan bahwa KP I (Konsultasi Publik I) sudah disepakati dan akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2023.
Penyusun KLHS menegaskan bahwa sasaran dan arahan kebijakan akan mengacu pada RTRW dan RPJPD sebelumnya. Selain itu, mereka akan membandingkan anggaran dengan rencana RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) tahun 2022. Jika perlu, penyesuaian akan dilakukan pada KLHS RPJPD dan KLHS RPJMD. Mereka juga berharap bahwa visi misi yang akan diusung sudah ada dalam tahap ini.
Proses penyusunan KLHS RPJPD dan KLHS RPJMD ini menjadi bagian penting dalam perencanaan pembangunan jangka panjang dan menengah daerah, serta menjadi panduan dalam mengatasi berbagai tantangan lingkungan dan perekonomian yang dihadapi oleh Kota Yogyakarta hingga tahun 2045.

Berita KLHS
Forum Bank Sampah
Lokasi Kantor
Search
Statistik Pengunjung
Hari Ini 48 Kemarin 550 Bulan Ini 1,127 Tahun Ini 36,335 Total Pengunjung 1,279,578
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat53.26%
Cukup Bermanfaat10.56%
Bermanfaat5.39%
Kurang Bermanfaat5.84%
Video Youtube
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta
Tanggal

PM10

PM25

CO

NO2

SO2

O3

HC


BAIK : 0-50
SEDANG : 51-100
TIDAK SEHAT : 101-200
SANGAT TIDAK SEHAT : 201-300
BERBAHAYA : ≥ 301

Link Terkait