admin, 25 May 2022 Taman PAKUDAYA, RTHP di Kelurahan Pakuncen
berita

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) pada tahun 2021 telah melakukan pekerjaan penyempurnaan Ruang Terbuka Hijau Publik (RTHP) di Kelurahan Pakuncen yaitu Taman Pakudaya dengan luas tanah 340 m2 yang terletak di RW 07, Kelurahan Pakuncen, Kemantren Wirobrajan, Kota Yogyakarta. Penyempurnaan ini dimaksudkan untuk menambah fungsi ekologis dengan memperbanyak bidang resapan yang dulu penuh di conblok kemudian diganti sebagian dengan tanah diberi rumput dan ditanam beberapa pohon buah serta di buat pot sekeliling yang ditanami tanaman perdu untuk menambah fungsi penghijauan serta keindahan di RTHP ini, dan membuat sumur dengan penampungannya, pemasangan meteran listrik, tong komposter, tempat sampah pilah serta pembuatan signage/ Penanda Taman Pakudaya, ada beberapa kursi taman dan ada beberapa lampu taman yang mencerminkan identitas Kota Yogyakarta dengan ornamennya yang unik. Untuk fasilitas lainnya di Taman Pakudaya ada pergola, tempat parkir, gudang, KM/WC, kran siram tanaman, tempat cuci tangan, mainan anak, free wifi, CCTV online serta, papan peta dan papan himbauan.

Taman Pakudaya ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar sebagai Ruang Terbuka Hijau karena padatnya rumah penduduk dan disekitarnya sudah penuh dengan tempat usaha, hotel, sekolah dan kampus. Dengan adanya Taman Pakudaya ini masyarakat dapat menggunakannya untuk tempat bermain, berkumpul, rapat, pertemuan RT dan RW, kesenian, dan kegiatan lainnya karena di RTHP ini ada Panggung Kesenian Pakudaya yang dapat dimanfaatakan dan dipergunakan dengan ijin Ketua RT, RW dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta.

Pakudaya mempunyai kepanjangan nama yaitu Pakuncen Berbudaya. Nama Pakudaya sudah ada sejak lama, merupakan semangat yang selalu akan digunakan dan digelorakan oleh warga Pakuncen dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membangun Pakuncen. Dengan adanya semangat Pakudaya ini diharapkan partisipasi masyarakat akan meningkat dan bahkan optimal dalam upaya peningkatan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Pakuncen. (sumber : Budhi Riyanto, Laporan Aksi Perubahan, Pelatihan Kepemimpinan Pengawas, Yogyakarta, 2021)

Taman Pakudaya dengan Panggung Kesenian Pakudaya yang ada di Kelurahan Pakuncen, Kemantren Wirobrajan merupakan salah satu wujud dari Visi Kota Yogyakarta yaitu Meneguhkan Kota Yogyakarta sebagai Kota Nyaman Huni dan Pusat Pelayanan Jasa yang Berdaya Saing Kuat untuk Keberdayaan Masyarakat dengan Berpijak pada Nilai Keistimewaan. Taman Pakudaya ini mewujudkan Misi Kota Yogyakart, misi nomor 3 yaitu Memperkuat moral, etika dan budaya masyarakat Kota Yogyakarta; misi nomor 4 yaitu Meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan, sosial dan budaya; misi nomor 5 yaitu Memperkuat tata kota dan kelestarian lingkungan; misi nomor 6 yaitu Membangun sarana prasarana publik dan pemukiman.

Dengan adanya Taman Pakudaya ini di wilayah RW 07, Kelurahan Pakuncen dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat sekitar dan masyarakat pada umumnya sehingga menjadikan Pakudaya/ Pakuncen Berbudaya sebagai  kampung ramah anak yang nyaman huni. Untuk itu diharapakan masyarakat yang menggunakan dan memanfaatkan Taman Pakudaya ini dapat menjaga kebersihan, merawat, melindungi dan memelihara tanaman serta fasilitas yang ada dan dapat digunakan sebagaimana mestinya. (rkakung)

 

Pengelolaan RTHP, Bidang RTHP, Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta

RTHP lingkungan hidup Pengelolaan RTHP DLH Kota Yogyakarta Kota Yogyakarta Pemerintah Kota Yogyakarta Ruang Terbuka Hijau Publik Taman Pakudaya
Lokasi Kantor
Search
Statistik Pengunjung
Hari Ini 627 Kemarin 701 Bulan Ini 18,615 Tahun Ini 101,719 Total Pengunjung 890,565
Agenda Rapat Hari Ini
Thursday / 30 June 2022
12:30 ~ 15:00
ADIPURA DINAS LINGKUNGAN HIDUP ( LANTAI 4 )

Monday / 04 July 2022
09:00 ~ 11:00
AMDAL DINAS LINGKUNGAN HIDUP ( LANTAI 3 )

Video Youtube
Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Kota Jogja


IKLH Tahun
IKLH
Kualitas Udara
Kualitas Air Sungai
Kualitas Tutupan Hutan
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta
Tanggal

PM10

PM25

CO

NO2

SO2

O3

HC


BAIK : 0-50
SEDANG : 51-100
TIDAK SEHAT : 101-200
SANGAT TIDAK SEHAT : 201-300
BERBAHAYA : ≥ 301

Link Terkait