sarasmawarsm, 06 July 2021 10 Sekolah di Kota Yogyakarta Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Kota Tahun 2021
berita

Dalam rangka melaksanakan program sekolah Adiwiyata yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup di Kota Yogyakarta, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta pada hari Selasa, 6 Juli 2021 memberikan penghargaan dibidang peduli lingkungan hidup di sekolah yang disebut sebagai Penghargaan Adiwiyata dengan capaian tingkat Kota. Penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat Kota diberikan langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Drs. Sugeng Darmanto.

Adiwiyata merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam upaya meningkatkan kesadaran dan kepedulian warga sekolah terhadap pentingnya pelestarian lingkungan hidup di sekolah maupun di sekitar. Program ini diharapkan dapat mencetak siswa-siswi yang dapat menerapkan perilaku peduli lingkungan saat terjun di masyarakat. Setiap tahunnya pelaksanaan program adiwiyata menjadi kebanggaan tersendiri bagi sekolah yang mengikuti dan berhasil membentuk karakter warga sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta berhasil menyaring sekolah-sekolah yang berhak mendapatkan Penghargaan Adiwiyata Kota berdasarkan Hasil Verifikasi Calon Sekolah Adiwiyata tingkat Kota Yogyakarta yang telah dilaksanakan oleh DLH Kota Yogyakarta pada tanggal 24 Maret hingga 29 April 2021. Adapun Tim Adiwiyata Kota terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta dan Penggiat Lingkungan.

Terdapat 10 sekolah di Kota Yogyakarta yang lolos diantaranya 7 Sekolah Dasar (SD) dan 3 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Adapun urutan sekolah-sekolah yang lolos dari nilai tertinggi yaitu :

  • Kategori SD/sederajat
  1. SD N Gedongkuning
  2. SD Kanisius Kintelan I
  3. SD N Jetis 2
  4. SD Kanisius Notoyudan
  5. SD N Tegalrejo 2
  6. SD Tamansiswa Jetis
  7. SD N Rejowinangun 1
  • Kategori SMP/Sederajat
  1. SMP N 1 Yogyakarta
  2. SMP Muhammadiyah 4
  3. SMP Muhammadiyah 9

Penghargaan Sekolah adiwiyata diberikan kepada sekolah yang sudah berhasil melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) melalui 6 aspek Perilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH). Sesuai dengan PERMEN LHK No. P.52/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019 tentang GPBLHS dan PERMEN LHK NO P.53/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019 tentang Penghargaan Adiwiyata.

Adapun 6 aspek PRLH :
1. Kebersihan, fungsi sanitasi drainase
2. Pengelolaan sampah
3. Penanaman, pemeliharaan pohon/tanaman (keanekaragaman hayati)
4. Konservasi air
5. Konservasi energi
6. Inovasi

Kepala DLH Kota Yogyakarta, Drs. Sugeng Darmanto selain menyerahkan penghargaan juga memotivasi Penerima Penghargaan Adiwiyata agar sekolah tidak hanya merasa puas telah menerima penghargaan, akan tetapi dapat terus berkelanjutan dalam program pembentukan karakter peduli lingkungan kepada warga sekolah serta berperan aktif dalam kegiatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Adiwiyata Penghargaan
Lokasi Kantor
Search
Statistik Pengunjung
Hari Ini 79 Kemarin 399 Bulan Ini 478 Tahun Ini 109,720 Total Pengunjung 705,420
Agenda Rapat Hari Ini

Maaf, belum ada agenda rapat untuk saat ini

Video Youtube
Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Kota Jogja


IKLH Tahun
IKLH
Kualitas Udara
Kualitas Air Sungai
Kualitas Tutupan Hutan
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

PM10

PM25

CO

NO2

SO2

O3


BAIK : 0-50
SEDANG : 51-100
TIDAK SEHAT : 101-200
SANGAT TIDAK SEHAT : 201-300
BERBAHAYA : ≥ 301

Link Terkait