sarasmawarsm, 21 June 2021 LIMS, Akses Layanan Pengujian Laboratorium dalam Genggaman
berita

Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap pengujian kualitas air, UPT Laboratorium Lingkungan DLH Kota Yogyakarta meluncurkan aplikasi LIMS (Laboratory Information Management System). Hanya dengan satu genggaman aplikasi LIMS, memudahkan pengguna layanan mengajukan permohonan serta mengunduh hasil uji laboratorium kapan saja dan dimana saja dengan sangat mudah dan cepat tanpa harus datang ke laboratorium sama sekali.  Aplikasi ini bersifat web based sehingga pengguna layanan tidak perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu.

Untuk menggunakannya calon pengguna layanan bisa masuk ke laman https://jss.jogjakota.go.id, setelah masuk dengan akun JSS, pengguna layanan ketik kata kunci “sim uji” maka akan muncul ikon aplikasi LIMS seperti berikut:


Tampilan ikon aplikasi LIMS

Tampilan dashboard aplikasi LIMS

Setelah masuk ke aplikasi tersebut calon pengguna layanan akan diarahkan ke halaman dashboard yang berisi form permohonan pengujian untuk mengisi data yang diperlukan. Setelah permohonan diverifikasi petugas maka laboratorium akan memulai proses pengambilan contoh uji dan pengujian di laboratorium. Setelah sertifikat hasil uji selesai maka akan ada notifikasi di akun JSS pengguna layanan untuk mengunduh sertifikat hasil uji tersebut setelah terlebih dahulu diarahkan untuk mengisi umpan balik demi perbaikan layanan pengujian UPT Laboratorium Lingkungan DLH Kota Yogyakarta kedepan.

LIMS sebagai salah satu upaya Pemerintah Kota Yogyakarta dalam memenuhi harapan masyarakat terkait layanan publik seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi. LIMS mampu meningkatkan efisiensi layanan secara signifikan, proses pengujian yang awalnya butuh 12 hari maka bisa diselesaikan dalam waktu 6 hari, bahkan untuk parameter uji tertentu bisa diselesaikan dalam waktu 1 hari.  Selain cepat dan mudah, penerapan LIMS di UPT Laboratorium DLH Kota Yogyakarta bisa meningkatkan validitas hasil uji seperti potensi terjadinya kesalahan double input data saat proses pengujian ketika dilakukan secara manual.

Bagi stakeholder yang memiliki ketugasan dalam pemantauan dan pengendalian pencemaran lingkungan di wilayah Kota Yogyakarta, keberadaan LIMS di UPT Laboratorium Lingkungan DLH Kota Yogyakarta sangat membantu mereka dalam melakukan akses data kualitas lingkungan yang lebih cepat, mudah dan akurat. Ketersediaan data yang cukup serta kemudahan akses tentu saja akan memudahkan para stakeholder terkait dalam merespon serta merumuskan upaya – upaya strategis yang dibutuhkan dalam pengendalian pencemaran lingkungan di Kota Yogyakarta. Sehingga kedepan proses degradasi kualitas lingkungan di Kota Yogyakarta semakin bisa dikendalikan.

Ayo, gunakan aplikasi LIMS untuk lingkungan yang lebih baik!

laboratorium UPT Lab Kualitas Air
Lokasi Kantor
Search
Statistik Pengunjung
Hari Ini 76 Kemarin 399 Bulan Ini 475 Tahun Ini 109,717 Total Pengunjung 705,417
Agenda Rapat Hari Ini

Maaf, belum ada agenda rapat untuk saat ini

Video Youtube
Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Kota Jogja


IKLH Tahun
IKLH
Kualitas Udara
Kualitas Air Sungai
Kualitas Tutupan Hutan
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

PM10

PM25

CO

NO2

SO2

O3


BAIK : 0-50
SEDANG : 51-100
TIDAK SEHAT : 101-200
SANGAT TIDAK SEHAT : 201-300
BERBAHAYA : ≥ 301

Link Terkait