sarasmawarsm, 11 May 2021 Verifikasi Calon Sekolah Adiwiyata Kota Tahun 2021
berita

Adiwiyata merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam upaya meningkatkan kesadaran dan kepedulian warga sekolah terhadap pentingnya pelestarian lingkungan hidup di sekolah maupun di sekitar. Program ini diharapkan dapat mencetak siswa-siswi yang dapat menerapkan perilaku peduli lingkungan saat terjun di masyarakat. Setiap tahunnya pelaksanaan program adiwiyata menjadi kebanggaan tersendiri bagi sekolah yang mengikuti dan berhasil membentuk karakter warga sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah.

Sebagai bagian dalam rangkaian mewujudkan sekolah-sekolah adiwiyata yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup di Kota Yogyakarta, Tim Adiwiyata Kota Yogyakarta mengadakan Seleksi Calon Sekolah Adiwiyata Tingkat Kota Tahun 2021. Adapun Tim Adiwiyata Kota Yogyakarta terdiri atas personil dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, pengawas dan dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, serta dari Penggiat Lingkungan Kota Yogyakarta.

Adapun calon sekolah adiwiyata tingkat kota yang berpartisipasi sebanyak 15 sekolah yang terdiri dari 11 sekolah kategori SD/Sederajat dan 4 sekolah kategori SMP/Sederajat.

Tahapan seleksi calon sekolah adiwiyata kota berupa :

  • Pembinaan dan asistensi dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta yang dilaksanakan melalui aplikasi daring selama bulan Januari sampai dengan Februari
  • Verifikasi berkas Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dan administrasi oleh Tim Adiwiyata Kota Yogyakarta yang dilaksanakan melalui aplikasi daring pada tanggal 24-31 Maret 2021
  • Verifikasi Lapangan atau Visitasi Fisik Sekolah oleh Tim Adiwiyata Kota Yogyakarta yang dilaksanakan pada tanggal 26-29 April 2021

   

   

Dari ketiga tahapan yang telah dilalui sekolah, apabila sekolah-sekolah yang memenuhi seluruh persyaratan, maka akan ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2021.

Dengan adanya kegiatan Seleksi Calon Sekolah Adiwiyata Kota setiap tahunnya, diharapkan sekolah-sekolah yang belum menggikuti dapat termotivasi untuk ikut serta dalam Program Adiwiyata, dan bagi sekolah yang meraih predikat adiwiyata mampu mempertahankan predikat yang sudah diperoleh serta berproses ke tingkat Adiwiyata selanjutnya.

Adiwiyata Pemerintah Kota Yogyakarta Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta Verifikasi
Lokasi Kantor
Search
Statistik Pengunjung
Hari Ini 71 Kemarin 399 Bulan Ini 470 Tahun Ini 109,712 Total Pengunjung 705,412
Agenda Rapat Hari Ini

Maaf, belum ada agenda rapat untuk saat ini

Video Youtube
Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Kota Jogja


IKLH Tahun
IKLH
Kualitas Udara
Kualitas Air Sungai
Kualitas Tutupan Hutan
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

PM10

PM25

CO

NO2

SO2

O3


BAIK : 0-50
SEDANG : 51-100
TIDAK SEHAT : 101-200
SANGAT TIDAK SEHAT : 201-300
BERBAHAYA : ≥ 301

Link Terkait