sarasmawarsm, 12 April 2021 Webinar Peringatan Hari Air dan Bumi Sedunia Tahun 2021
berita

Dalam Rangka memperingati Hari Air dan Hari Bumi Sedunia Tahun 2021, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta menyelenggarakan Webinar peringatan Hari Air dan Hari Bumi Tahun 2021. Webinar tersebut diselenggarakan pada Kamis, 8 April 2021 melalui Kanal Zoom Meeting dan Youtube Dinas Lingkungan Hidup Kota Jogja.

Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret. Hari Air sedunia diperingati untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya air bersih dan untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sumber air bersih yang berkesinambungan.  

Tema Peringatan Hari Air Sedunia XXIX tahun 2021 adalah “Valuing Water” atau “Menghargai Air”.  Mengandung arti bahwa nilai air lebih dari sekedar harganya. Air memiliki nilai yang sangat besar dan kompleks untuk rumah tangga, makanan, budaya, kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan keutuhan lingkungan alam kita. Bahwa air merupakan sumber daya penting yang harus dilindungi untuk kepentingan semua orang.

Sedangkan Hari Bumi Sedunia diperingati setiap tanggal 22 April. Hari Bumi sedunia diperingati untuk mengapresiasi lingkungan dan meningkatkan kesadaran publik tentang polusi.

Tema Peringatan Hari Bumi Sedunia  tahun 2021 adalah “Restore Our Earth” atau “Pulihkan Bumi Kita”. Tema Hari Bumi tersebut berfokus pada  proses alami, teknologi hijau yang muncul serta pemikiran inovatif yang dapat memulihkan ekosistem dunia. Semua masyarakat yang ada di bumi membutuhkan bumi yang sehat untuk mendukung pekerjaan, mata pencaharian, kesehatan dan kelangsungan hidup.

Pada kesempatan ini Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta menyatukan Kegiatan Peringatan Hari Air dan Hari Bumi Sedunia Tahun 2021 tanpa mengurangi maknanya.

Narasumber Webinar salah satunya adalah Bapak Totok Pratopo selaku Pemerti Kali Code Yk dan sekolah sungai dengan materi bertema “Peran Masyarakat dalam turut menjaga kelestarian sungai”. Narasumber kedua adalah Ibu Lisendra Marbelia, Ph.D selaku Dosen Teknik Kimia UGM dengan materi bertema “Bersih Airku, Hijau Bumiku”.

Dengan adanya peringatan Hari Air dan Hari Bumi Sedunia Tahun 2021 ini diharapakan masyarakat Indonesia khususnya warga Kota Yogyakarta mampu meningkatkan penghargaan terhadap air dengan tidak berlaku semena mena terhadap air dimana pun adanya. Tidak menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan limbah dan harus mampu menghemat air sesuai dengan kebutuhan. Serta meningkatkan kesadaran publik untuk menjaga lingkungan yang ada di bumi.

Pemerintah Kota Yogyakarta Webinar
Lokasi Kantor
Search
Statistik Pengunjung
Hari Ini 62 Kemarin 399 Bulan Ini 461 Tahun Ini 109,703 Total Pengunjung 705,403
Agenda Rapat Hari Ini

Maaf, belum ada agenda rapat untuk saat ini

Video Youtube
Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Kota Jogja


IKLH Tahun
IKLH
Kualitas Udara
Kualitas Air Sungai
Kualitas Tutupan Hutan
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

PM10

PM25

CO

NO2

SO2

O3


BAIK : 0-50
SEDANG : 51-100
TIDAK SEHAT : 101-200
SANGAT TIDAK SEHAT : 201-300
BERBAHAYA : ≥ 301

Link Terkait