sarasmawarsm, 15 December 2020 Penyerahan Penghargaan Adiwiyata Provinsi DIY Tahun 2020
berita

Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, pada hari Kamis (10/12/2020) menghadiri penyerahan penghargaan bidang peduli lingkungan hidup di sekolah yang disebut sebagai Penghargaan Adiwiyata dengan capaian tingkat Provinsi. Penghargaan Adiwiyata Provinsi diberikan langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Ir. Hananto Hadi Purnomo, M.Sc dan Kepala Bidang  Penaatan Pengkajian dan Pengembangan Kapasitas Lingkungan Hidup, Ir. Kuncoro H.P.,MMA.

Dalam sambutan Kepala Dinas LHK DIY, Ir. Hananto memaparkan bahwa SDM yang berkualitas yaitu SDM yang mengetahui, memahami, dan peduli terhadap penanganan permasalahan lingkungan hidup. Ada beberapa cara yang dapat ditempuh, di antaranya melalui Program Adiwiyata di Sekolah. Program Adiwiyata merupakan program yang sangat strategis, karena melalui program tersebut, kelak diharapkan dapat menghasilkan generasi-generasi tangguh yang memahami dan peduli terhadap lingkungan.  

Dinas LHK DIY berhasil menyaring sekolah-sekolah yang berhak mendapatkan Penghargaan Adiwiyata Provinsi berdasarkan Hasil Verifikasi Calon Sekolah Adiwiyata tingkat Propinsi DIY yang telah dilaksanakan oleh Dinas LHK DIY pada tanggal 1 Oktober hingga 16 Oktober 2020. Terdapat 27 sekolah di DIY yang lolos diantaranya 6 sekolah mewakili kota Yogyakarta yang terdiri dari 4 SD, 1 SMP, dan 1 SMA. Adapun urutan sekolah-sekolah di lingkungan Kota Yogyakarta yang lolos dari nilai tertinggi yaitu :

  • Kategori SD/Sederajat

           1. SDN Lempuyangan 1

           2. MIN 1 Yogyakarta

           3. SDN Pujokusuman 1

           4. SDN Golo

  • Kategori SMP/Sederajat

           SMP N 6 Yogyakarta

  • Kategori SMA/Sederajat

           SMA N 10 Yogyakarta

Dalam penyerahan penghargaan, Ir. Hananto kembali berpesan kepada para Penerima Penghargaan Adiwiyata agar sekolah tidak hanya merasa puas telah menerima penghargaan, akan tetapi dapat terus berkelanjutan dalam program pembentukan karakter peduli lingkungan kepada warga sekolah serta berperan aktif dalam kegiatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Penghargaan bangtas Adiwiyata DLH Kota Yogyakarta
Lokasi Kantor
Search
Statistik Pengunjung
Hari Ini 60 Kemarin 395 Bulan Ini 13,373 Tahun Ini 13,373 Total Pengunjung 609,073
Agenda Rapat Hari Ini

Maaf, belum ada agenda rapat untuk saat ini

Video Youtube
Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Kota Jogja


IKLH Tahun
IKLH
Kualitas Udara
Kualitas Air Sungai
Kualitas Tutupan Hutan
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

BAIK : 0-50
SEDANG : 51-100
TIDAK SEHAT : 101-199
SANGAT TIDAK SEHAT : 200-299
BERBAHAYA : > 300

Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Link Terkait