nadamutiara, 05 November 2020 Sosialisasi Program Adiwiyata dan GPBLHS Tahun 2020
berita

Dalam rangka pelaksanaan Program Adiwiyata di Kota Yogyakarta yang sesuai dengan PERMEN LHK No. 52 Tahun 2019 (tentang GPBLHS) dan No. 53 Tahun 2019 (tentang Penghargaan Adiwiyata), Pemerintah Kota Yogyakarta dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta menyelenggarakan Sosialisasi Program Adiwiyata dan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) Tahun 2020. Sosialisasi ini ditujukan bagi sekolah-sekolah di Kota Yogyakarta yang sudah berstatus Sekolah Berwawasan Lingkungan dan Sekolah Adiwiyata, baik tingkat SD, SMP, SMA, SMK maupun yang sederajat.

Mengingat masa pandemi Covid-19, sosialisasi ini diadakan melalui Zoom Meeting dan ditayangkan live di kanal YouTube Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. Sosialisasi untuk tingkat SD dan SMP diselenggarakan pada tanggal 26-27 Oktober 2020, sedangkan sosialisasi untuk tingkat SMA dan SMK diselenggarakan pada tanggal 4-5 November 2020.

Materi yang disampaikan pada sosialisasi ini adalah sebagai berikut:

  1. Kebijakan Dinas Terkait dalam Pelaksanaan Program Adiwiyata di Kota Yogyakarta – Dra. Suryatmi, MM. (Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta), Rr. Suhartati, SH. (Balai Pendidikan Menengah Kota Yogyakarta)
  2. Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup ke dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) – Sarmidi, M.Pd.; Dra. Sri Istifada, M.Si. (Tim Adiwiyata Kota Yogyakarta)
  3. Kebijakan Kepala Sekolah tentang Penerapan Perilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH) – Siyam Mardini, S.Pd., M.Pd. (SDN Giwangan), Drs. Miftakodin, MM. (SMAN 1 Yogyakarta)
  4. Penghargaan Adiwiyata – Very Tri Jatmiko, S.Si., MM. (DLH Kota Yogyakarta)
  5. Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) – Ir. Christina E.S. (DLH Kota Yogyakarta)

Di akhir acara juga dibahas tentang rencana tindak lanjut keminatan Adiwiyata untuk tahun 2021. Sekolah-sekolah yang berminat untuk berproses sesuai dengan regulasi Sekolah Adiwiyata terbaru mengisi form keminatan pada http://bit.ly/PengusulanAdiwiyata2021.

 

Berita bangtas Adiwiyata
Lokasi Kantor
Search
Statistik Pengunjung
Hari Ini 251 Kemarin 573 Bulan Ini 2,777 Tahun Ini 257,071 Total Pengunjung 583,163
Agenda Rapat Hari Ini

Maaf, belum ada agenda rapat untuk saat ini

Video Youtube
Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Kota Jogja


IKLH Tahun
IKLH
Kualitas Udara
Kualitas Air Sungai
Kualitas Tutupan Hutan
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

BAIK : 0-50
SEDANG : 51-100
TIDAK SEHAT : 101-199
SANGAT TIDAK SEHAT : 200-299
BERBAHAYA : > 300

Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Link Terkait