rkakung77, 11 September 2020 Urban Farming di RTHP Prenggan
berita

Pandemi Covid 19 selain berdampak pada kesehatan masyarakat ternyata berdampak pula terhadap aspek ekonomi warga kota  karena banyak lahan usaha di Kota Yogyakarta yang menghentikan aktifitasnya, hal ini berakibat berkurangnya penghasilan dan kemampuan daya beli masyarakat yang bekerja disektor tersebut. Demikian juga dengan sebagian warga RW 04, Kampung Tinalan, Kelurahan Prenggan, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta, untuk mengurangi pengeluaran harian terutama belanja sayuran mereka  berinisiatif memanfaatkan lahan sempit disekitar tempat tinggal dan lorong-lorong gang untuk menanam aneka sayuran, tetapi karena  hasil dari lorong sayur dirasakan belum bisa memenuhi kebutuhan maka warga RW 04 Tinalan berinisiatif memanfaatkan lahan RTHP (Ruang Terbuka Hijau Publik) milik Pemerintah Kota Yogyakarta yang belum terbangun  di wilayahnya. Lahan  tersebut merupakan hasil pembelian tanah  oleh Pemerintah Kota Yogyakarta  Tahun 2019 seluas 400 m2 dengan peruntukan sebagai RTHP.

Dengan semboyan “SEGORO AMARTO” (Semangat Gotong Royong Agawe Majune Kutho Ngayogyokarta) warga RW 04 Tinalan secara bersama-sama membersihkan lahan tersebut agar bisa ditanami serta dapat meningkatkan rasa kekeluargaan dan persaudaraan selama pandemi covid ini. Adanya swadaya masyarakat dari hasil jimpitan ronda dan bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Kelurahan Prenggan serta berbagai pihak maka bisa diwujudkan kebun sayur dengan nama Kelompok Tani "TINALAN ASRI".

Hasil dari panen sayuran dimanfaatkan oleh warga untuk memenuhi  kebutuhan sayuran dirumah dengan memberikan dana kas sukarela kepada kelompok tani. Selain melakukan pertanian perkotaan, warga RW 04 Tinalan melakukan budidaya ternak dengan adanya kolam ikan nila dan lele yang dapat menambah ketahanan pangan. Untuk ketahanan ekonomi warga RW 04 Tinalan melakukan kegiatan bank sampah di lokasi RTHP yang saat ini warga bisa mengumpulkan sampah yang biasanya dibuang, kini sampah dipilah dan dibawa ke bank sampah yang dilaksanakan sekali dalam setiap bulannya sehingga bisa menabung di bank sampah.

Pertanian perkotaan, budidaya ternak, dan bank sampah di RTHP RW 04, Kampung Tinalan ini sudah dirasakan manfaatnya oleh warga sekitar pada umumnya dan anggota kelompok tani pada khususnya selama masa Pandemi Covid 19 ini berlangsung. Kampung Tinalan, Kelurahan Prenggan, Kecamatan Kotagede dapat menjadi kampung Proklim (Program Kampung Iklim) yang merupakan program dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan untuk melakukan penguatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim terutama di Kota Yogyakarta.

Sumber : Tim Seksi Pengelolan RTHP, Ketua RW 04 Tinalan

Berita RTHP Pengelolaan Persampahan Yogyakarta DLH PROKLIM Pengelolaan RTHP DLH Kota Yogyakarta Ruang Terbuka Hijau Publik RTHP Prenggan Kelurahan Prenggan Kecamatan Kotagede Ketahanan Pangan Pertanian Perkotaan Pandemi Covid 19
Lokasi Kantor
Search
Statistik Pengunjung
Hari Ini 278 Kemarin 343 Bulan Ini 10,271 Tahun Ini 220,415 Total Pengunjung 546,507
Agenda Rapat Hari Ini

Maaf, belum ada agenda rapat untuk saat ini

Video Youtube
Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Kota Jogja


IKLH Tahun
IKLH
Kualitas Udara
Kualitas Air Sungai
Kualitas Tutupan Hutan
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

BAIK : 0-50
SEDANG : 51-100
TIDAK SEHAT : 101-199
SANGAT TIDAK SEHAT : 200-299
BERBAHAYA : > 300

Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Link Terkait