nadamutiara, 26 June 2020 Penyerahan Literasi dan Pin Adiwiyata SMK Negeri 4 Yogyakarta
berita

Bertempat di pendopo Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, pada hari kamis tanggal 25 Juni 2020 SMK N 4 Yogyakarta yang telah berhasil meraih Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi pada tahun 2019 dan akan maju menuju tingkat selanjutnya yaitu adiwiyata nasional, melakukan penyerahan secara simbolis berupa buku “Duta Lingkungan” dan Pin Literasi yang merupakan hasil penyusunan oleh siswa-siswa SMKN 4 sebagai wujud keberhasilan sekolah dalam memperoleh predikat Sekolah Adiwiyata propinsi.

Dalam acara tersebut Bu Yayuk selaku Tim Adiwiyata SMK N 4 berharap pihak DLH selalu memberikan bimbingan dan pendampingan terutama di tahun 2020 ini menuju Sekolah Adiwiyata Nasional dan diharapkan kader-kader adiwiyata yang sudah lulus dari sekolah juga selalu membimbing dan memotivasi adik-adiknya untuk selalu aktif dalam Tim Adiwiyata Sekolah.

Proses penyusunan literasi buku duta lingkungan SMK N 4 adalah hasil karya dari kader Adiwiyata sebagai bentuk apresiasi kepada lingkungan dan muncul dari rasa ingin berbagi dan menularkan semangat kepada orang lain selain melalui forum pertemuan. Sehingga muncullah ide pembuatan literasi agar orang-orang bisa melihat sekolah dan bisa menularkan kiprah maupun semangat untuk peduli kepada lingkungan. Jika kader sudah lulus, dengan adanya literasi, adik-adiknya bisa membaca dan mengetahui untuk melanjutkan. Pembuatan literasi ini berdasarkan pengalaman mereka sebagai kader adiwiyata sehingga bersifat semi autobiografi.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas, Very Tri Jatmiko, menjelaskan bahwa karakter adiwiyata yang diharapkan adalah karakter yang tumbuh dengan sendirinya hingga menciptakan sebuah karakter peduli lingkungan dimanapun berada, dengan melihat permasalahan lingkungan yang ada, karakter yang selalu ingin tahu sebagai bagian dari pembelajaran ke depannya dan punya rasa mencintai terhadap lingkungan. Meskipun Tim Adiwiyata Sekolah berganti baik dari guru pendamping maupun kader adiwiyatanya, diharapkan terus melanjutkan program adiwiyata yang sudah berjalan. Dan sebagai kader adiwiyata yang sudah lulus harus tetap membimbing begitu pula Dinas Lingkungan Hidup Kota yang selalu siap mendampingi sekolah dalam mencapai tingkatan adiwiyata.

Berita bangtas Adiwiyata
Lokasi Kantor
Search
Statistik Pengunjung
Hari Ini 56 Kemarin 361 Bulan Ini 7,254 Tahun Ini 204,261 Total Pengunjung 530,353
Agenda Rapat Hari Ini

Maaf, belum ada agenda rapat untuk saat ini

Video Youtube
Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Kota Jogja


IKLH Tahun
IKLH
Kualitas Udara
Kualitas Air Sungai
Kualitas Tutupan Hutan
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

BAIK : 0-50
SEDANG : 51-100
TIDAK SEHAT : 101-199
SANGAT TIDAK SEHAT : 200-299
BERBAHAYA : > 300

Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Link Terkait