rkakung77, 12 June 2020 Taman Kadipaten, Ruang Terbuka Hijau Publik di Kota Yogyakarta
berita

Taman Kadipaten merupakan Ruang Terbuka Hijau Publik yang terletak di Kampung Kadipaten Kulon, RT 17, RW 05, Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. Lokasi Taman Kadipaten berada di tepi jalan raya yang dapat ditempuh dengan menggunakan moda transportasi seperti sepeda, sepeda motor, bahkan mobil.

Terbangunnya Taman Kadipaten oleh Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta melalui dua tahap pekerjaan, yaitu tahap I dikerjakan pada tahun 2018 seluas 250 m2 dan tahap II dikerjakan pada tahun 2020 yang bertambah seluas 250 m2, sehingga luas total Taman Kadipaten adalah 500 m2.

Fasilitas yang ada seperti gazebo, bangku taman, kamar mandi untuk putra dan putri, mainan ramah anak, dan lapangan untuk berolahraga tersedia di Taman Kadipaten ini. Terlepas dari fasilitas pendukung, keberadaan Taman Kadipaten memiliki fungsi keindahan yang tertuang pada penataan taman, keberadaan bangku taman di antara perawatan pohon perindang, tanaman perdu dan tumbuhan segar yang juga sebagai fungsi ekologi.

Di tahun 2018, Taman Kadipaten, Ruang Terbuka Hijau Publik sebagian besar berbentuk taman dengan fasilitas pendukung wahana permainan untuk anak-anak Paud, TK dan SD, seperti ayunan, prosotan dan meja untuk permainan tradisional yaitu Dakon, dan kursi taman yang membentuk tulisan “JOGJA”. Di tahun 2020, fasilitas pendukung yang bertambah seperti lapangan untuk olahraga seperti lapangan badminton yang dapat digunakan untuk permainan tradisional yaitu bas basan atau dam daman, dilengkapi kamar mandi putra dan putri, gudang, serta permainan tambahan bernama monkey bars sudah tersedia untuk permainan anak remaja, serta kursi taman, pohon perindang dan tanaman perdu serta semak.

Seperti halnya fungsi dari Ruang Terbuka Hijau Publik yang berorientasi pada sifat publik, Taman Kadipaten menjadi sarana terjadinya interaksi sosial bagi masyarakat sekitar, dapat digunakan untuk pertemuan warga sekitar, digunakan untuk pertemuan ibu-ibu dasa wisma melakukan arisan dan melakukan kegiatan bank sampah RT dan RW sekitar RTHP. Interaksi sosial yang terjadi melibatkan anak-anak, pemuda hingga orang tua. Taman Kadipaten menjadi tempat bertemunya anak-anak yang kini sudah jarang ditemui untuk bermain bersama, terutama di kota besar seperti di Kota Yogyakarta.

Warga masyarakat di Kampung Kadipaten sangat antusias menggunakan Taman Kadipaten sebagai Ruang Terbuka Hijau Publik dilihat dari penggunaannya tidak hanya warga sekitar, ada beberapa RW yang menggunakannya dan warga masyarakat dari kampung lain yang memanfaatkannya untuk berteduh dan menikmati taman di dekat Beteng.

(Tim seksi Pengelolaan RTHP, DLH Kota Yogyakarta)

Berita RTHP lingkungan hidup Yogyakarta Taman Kadipaten Keanekaragaman Hayati Taman Ruang Terbuka Hijau Publik
Lokasi Kantor
Search
Statistik Pengunjung
Hari Ini 52 Kemarin 361 Bulan Ini 7,250 Tahun Ini 204,257 Total Pengunjung 530,349
Agenda Rapat Hari Ini

Maaf, belum ada agenda rapat untuk saat ini

Video Youtube
Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Kota Jogja


IKLH Tahun
IKLH
Kualitas Udara
Kualitas Air Sungai
Kualitas Tutupan Hutan
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

BAIK : 0-50
SEDANG : 51-100
TIDAK SEHAT : 101-199
SANGAT TIDAK SEHAT : 200-299
BERBAHAYA : > 300

Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Link Terkait