Mari warga Kota Yogyakarta kita kendalikan sampah plastik dengan membawa sendiri Tumbler mu. Jaga Kota kita tercinta dari sampah botol plastik sekali pakai. #Gerakan1000tumbler
nadamutiara, 21 September 2018 Evaluasi Kampung Proklim Tingkat DIY di RW 12 Rejowinangun
berita

Hari Senin, tanggal 17 September 2018, Tim Evaluasi PROKLIM dari BLH DIY mengunjungi RW 12 Kelurahan Rejowinangun, Kecamatan Kotagede. RW 12 Rejowinangun merupakan kampung yang diajukan sebagai perwakilan dari Kota Yogyakarta dalam Evaluasi Program Kampung Iklim (PROKLIM) yang diadakan oleh BLH DIY.

Warga masyarakat RW 12 Rejowinangun, Camat Kotagede, Lurah Rejowinangun serta jajaran Pemerintah Kota Yogyakarta dan wilayah menerima Tim Evaluasi PROKLIM BLH DIY bertempat di Restoran Taman Langit Biru. Warga menyambut tim dari BLH DIY dengan mempersembahkan sejumlah kesenian, seperti iringan musik Gejog Lesung, tarian Edan-edanan dan penampilan wayang.

Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Ir. H. Suyana, mewakili Pemerintah Kota Yogyakarta. Dilanjutkan dengan sambutan dari Koordinator Tim Evaluasi PROKLIM BLH DIY, dan setelahnya Ketua RW 12 Rejowinangun memberikan paparan mengenai kampungnya dan berbagai macam kegiatan berkaitan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang sudah dilaksanakan. Kemudian Tim Evaluasi PROKLIM BLH DIY melanjutkan dengan evaluasi atau kunjungan ke lapangan wilayah RW 12 Rejowinangun.

Keunggulan RW 12 Rejowinangun dalam kaitannya dengan usaha adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di antaranya adalah kegiatan pertanian perkotaan. Warga di RW 12 Rejowinangun memiliki lahan yang digunakan untuk budidaya pertanian mina padi. Gang-gang yang sempit pun bisa dimanfaatkan untuk budidaya tanaman pangan, dengan cara penanaman menggunakan hidroponik, botol plastik bekas, pot, dan lain-lain. RW 12 Rejowinangun mempunyai kelompok tani yang aktif dan sudah mampu memasarkan hasil pertanian di wilayahnya.

Di akhir acara, Tim Evaluasi PROKLIM BLH DIY menyampaikan kesan dan pesan serta sedikit saran, yaitu penambahan tanaman seperti tanaman obat keluarga (toga). Kemudian, acara ditutup dengan sambutan dari Lurah Rejowinangun berikut pelepasan Tim Evaluasi PROKLIM BLH DIY.

Berita bangtas PROKLIM

Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Lokasi Kantor
Search
Polling
Apakah Website Dinas Lingkungan Hidup ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat59.21%
Cukup Bermanfaat11.84%
Bermanfaat5.79%
Kurang Bermanfaat6.84%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 28 Kemarin 526 Bulan Ini 6,066 Tahun Ini 58,694 Total Pengunjung 89,498
Agenda Rapat Hari Ini

Maaf, belum ada agenda rapat untuk saat ini

Video Youtube
Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Kota Jogja

IKLH Tahun
IKLH
Kualitas Udara
Kualitas Air Sungai
Kualitas Tutupan Hutan

Link Terkait