Mari warga Kota Yogyakarta kita kendalikan sampah plastik dengan membawa sendiri Tumbler mu. Jaga Kota kita tercinta dari sampah botol plastik sekali pakai. #Gerakan1000tumbler
rizkyselvasari, 13 September 2018 Taman Bakung, RTHP Asri yang Full Fasilitas
berita

Warga RW 08 Kelurahan Baciro menamainya sebagai Taman Bakung, karena letak dari salah satu Ruang Terbuka Hijau Publik tersebut berada di tepi Jalan Bakung, Kelurahan Baciro, Kecamatan Gondokusuman.

Pepohonan yang rindang dan bertajuk lebar di sekelilingnya, ditambah dengan tanaman perdu yang menghiasi di beberapa spot, semakin menonjolkan keasrian dan hijaunya Taman Bakung. RTHP yang memiliki luas 711 m2 ini sebelumnya adalah taman yang telah dibangun sedemikian rupa, namun dengan perawatan dan pemeliharaan yang masih seadanya sehingga kesan yang ditimbulkan adalah kurang indah.

Sejak tahun 2017, DLH melakukan pemeliharaan intensif pada RTHP Taman Bakung. Hingga saat ini telah dilakukan dua kali renovasi dan perbaikan segala fasilitas pendukung berupa elemen pelengkap RTHP yang ada Taman Bakung.

Taman Bakung memiliki fasilitas yang cukup memadahi untuk kegiatan warga sekitar. Berkat modifikasi yang dilakukan oleh DLH pada renovasi yang kedua, lapangan olahraga dapat difungsikan untuk tiga macam olahraga, yaitu basket, volly, dan bulutangkis.

Selain itu, Taman bakung memiliki kamar mandi dan alat-alat permainan yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung. Gazebo pun disediakan sebagai tempat bersantai untuk warga sekitar. Tidak ketinggalan, tempat sampah pilah dan komposter pun tersedia. Kabar gembira bagi kita, bahwa warga sekitar telah memanfaatkan tempat sampah pilah dan komposter dengan baik. Produksi kompos yang berasal dari sampah organik RTHP dilaksanakan secara teratur oleh warga, dan mereka sendiri yang mengambil manfaat dari produk kompos tersebut.  

Warga RW 08 Baciro memiliki minat yang baik untuk memanfaatkan dan turut serta dalam pemeliharaannya. Sehingga fasilitas-fasilitas pendukung yang semakin lengkap ini dapat mendukung aktivitas warga dalam berinteraksi dan berkegiatan dengan nyaman di Taman Bakung.

Baru-baru ini telah dilaksanakan penilaian Adipura tingkat Provinsi yang diadakan oleh BLH DIY. Adanya respon positif yang diberikan kepada RTHP Taman Bakung, memberikan angin segar bagi DLH . Dari sisi kerindangan, kerapihan, dan kelengkapan fasilitasnya, Taman Bakung merupakan salah satu RTHP yang layak untuk dijadikan model bagi RTHP lainnya. Sehingga, pelayanan DLH pada masyarakat dalam penyediaan RTHP semakin optimal dan DLH berkomitmen tinggi untuk melaksanakannya dengan sebaik-baiknya.

RTHP

Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Lokasi Kantor
Search
Polling
Apakah Website Dinas Lingkungan Hidup ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat59.21%
Cukup Bermanfaat11.84%
Bermanfaat5.79%
Kurang Bermanfaat6.84%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 27 Kemarin 526 Bulan Ini 6,065 Tahun Ini 58,693 Total Pengunjung 89,497
Agenda Rapat Hari Ini

Maaf, belum ada agenda rapat untuk saat ini

Video Youtube
Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Kota Jogja

IKLH Tahun
IKLH
Kualitas Udara
Kualitas Air Sungai
Kualitas Tutupan Hutan

Link Terkait