mutiamuti, 13 September 2018 Mengenal Sosok Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta
berita

Lahir pada tahun 1963 di Klaten, Ir H Suyana merupakan sosok Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. Menurut Perda Kota Yogyakarta Nomor 10 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah, SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) ini berwenang menangani pengelolaan sampah. Menjadi Kepala Dinas tentu bukan suatu perkara yang mudah mengingat bahwa masalah pelestarian lingkungan hidup tidak akan ada habisnya khususnya mengenai sampah yang harus terkelola dengan baik.  Bapak Yono, panggilan akrab beliau, mempunyai 5 saudara kandung, yang mana beliau merupakan anak terakhir. Semasa kecil beliau dididik untuk mandiri, terbukti  saat menginjak bangku SMP, sudah terpisah dari orang tua. Tinggal dengan kakak pertama yang sudah berkeluarga merupakan keputusan yang berani beliau ambil karena jarak rumah yang jauh dari sekolah.  Universitas Gadjah Mada Jurusan Teknologi Pertanian merupakan pilihannya dalam mengenyam pendidikan di bangku kuliah yang terselesaikan di tahun 1989. Hobi bertanam merupakan pengembangan akademis selama duduk di bangku kuliah. Tentunya, hal ini menjadi nilai tambah dalam membina karir yaitu menyatukan hobi dengan tugas sehari-hari.

Perjalanan karir

Beliau lolos seleksi CPNS tahun 1990 di Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) yang sekarang berubah nama menjadi Dinas Lingkungan Hidup. Pada tahun 1994 beliau menjabat sebagai Kepala Seksi Keindahan. Tepatnya 14 November 1998 beliau ditunjuk menjadi Kepala Bidang Kebersihan. Tidak lama setelah itu beliau dimutasi menjadi Kepala Bidang Bangtas, kesempatan ini digunakan untuk menambah wawasan tentang lingkungan yang lebih luas. Terakhir, bangku yang membanggakan dari beliau yaitu menjadi Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) sebelum mutasi lagi di Dinas Pengelolaan Pasar di tahun 2011. Rupanya perjalanan karir beliau tidak berhenti di situ, beliau dipercaya menjadi Kepala di Dinas Perindagkoptan (Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian) selama 2 tahun. Per Februari 2016 beliau dilantik oleh Walikota sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta lagi. Perjalanan dari berbagai tugas yang diampu tentunya memiliki manfaat yang lebih luas untuk menatap masa depan tugas beliau.

Wajah Kota Yang Bersih Terwujud dengan Kemenangan Adipura

Penghargaan Adipura untuk Kota Jogja yang diraih tidak luput dari kerjasama masyarakat beserta Pemerintah. Kota Jogja berhasil menyabet 7x (tujuh kali) berturut-turut Penghargaan Adipura. Bapak Ir H Suyana menjadi salah satu pengawal yang berperan dalam mengupayakan Penghargaan ini. Penghargaan Adipura merupakan penghargaan bergengsi yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Seluruh kota di Indonesia wajib turut serta mengikuti ajang bergengsi ini untuk menumbuhkan semangat menjaga lingkungan dan merupakan bentuk apresiasi dari Pemerintah Pusat untuk Kota-kota besar maupun wilayah kabupaten yang memiliki karakteristik sama seperti perkotaan di Indonesia, yang berhasil dalam mewujudkan kebersihan serta pengelolaan lingkungan.

Migunani Tumraping Liyan” merupakan pedoman hidup yang beliau gunakan dalam menjalani tugas yang diberikan negara kepada beliau, yang artinya berguna untuk orang lain. Beliau akan merasa bahagia ketika apa yang dilakukan bisa bermanfaat untuk orang lain. Tidak hanya dengan janji tapi perbuatan nyata yang dilakukan berkelanjutan dan tidak kenal lelah. Tentu ini tantangan terberat dalam menumbuhkan kesadaran di dalam masyarakat untuk mencapai masyarakat yang sehat  dan tertib. Dalam kaitannya dengan pengelolaan sampah beliau berpesan agar masyarakat mengubah pola pikir terdahulu menjadi memilah sebelum membuang lebih baik lagi jikalau bisa menghasilkan. Jadi sampah yang semula membuat resah diubah menjadi berkah.

Pengelolaan Persampahan DLH Yogyakarta Penanganan Sampah Biografi
    Page: /
Lokasi Kantor
Search
Statistik Pengunjung
Hari Ini 61 Kemarin 612 Bulan Ini 9,677 Tahun Ini 136,491 Total Pengunjung 732,191
Agenda Rapat Hari Ini
Thursday / 23 September 2021
12:30 ~ 15:30
Zoom Meeting 8

Video Youtube
Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Kota Jogja


IKLH Tahun
IKLH
Kualitas Udara
Kualitas Air Sungai
Kualitas Tutupan Hutan
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta
Tanggal

PM10

PM25

CO

NO2

SO2

O3


BAIK : 0-50
SEDANG : 51-100
TIDAK SEHAT : 101-200
SANGAT TIDAK SEHAT : 201-300
BERBAHAYA : ≥ 301

Link Terkait