Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung sehingga Kota Yogyakarta kembali meraih piala Adipura
nadamutiara, 03 April 2018 Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 Kota Yogyakarta
berita

Hari Minggu, tanggal 1 April 2018, bertempat di Car Free Day Jalan Margo Utomo, diselenggarakan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 Kota Yogyakarta. Peringatan HPSN 2018 di Kota Yogyakarta ini dilaksanakan sesuai jadwal yang ditentukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Acara ini dihadiri oleh banyak pihak, termasuk dari KLHK RI, Walikota dan Wakil Walikota Yogyakarta, TNI/POLRI, sekolah, perguruan tinggi, para pelaku usaha, dan sebagainya. Acara ini dimeriahkan oleh penampilan kesenian dengan tema lingkungan dari sejumlah sekolah.

Direktur Pengelolaan Sampah KLHK RI (Dr. Nofrizal Tahar, ST., M.Si.), Dirjen Pengelolaan Sampah Limbah dan B3 KLHK RI (Rosa Vivien Ratnawati, SH., MSD.), Wakil Walikota Yogyakarta (Drs. Heroe Poerwadi, MA.) dan Dirut Harian Kedaulatan Rakyat (dr. Gun Nugroho Samawi) Mencoba Duduk di Kursi Ecobrick

Di awal acara diadakan Aksi Pungut Sampah di beberapa penggal jalan, yaitu Jalan Kyai Mojo, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan Margo Utomo. Selain itu dilakukan pembersihan di sungai-sungai, yaitu di Sungai Code (Jembatan Gondolayu) dan Sungai Winongo (Jembatan Pingit). Aksi Pungut Sampah diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, mulai dari instansi Pemerintah Kota Yogyakarta, TNI/POLRI, siswa-siswi berbagai sekolah di Kota Yogyakarta, mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi, sampai pelaku usaha dan masyarakat dari berbagai komunitas di Kota Yogyakarta.

Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK RI (Rosa Vivien Ratnawati, SH., MSD.) Beserta Kepala DLH Kota Yogyakarta (Ir. H. Suyana) Berpartisipasi dalam Aksi Pungut Sampah HPSN 2018 Kota Yogyakarta

 

Aksi Pembersihan Sungai oleh Petugas Pembersih Sungai

Termasuk di dalam rangkaian acara Peringatan HPSN 2018 Kota Yogyakarta ini adalah penandatanganan komitmen Bank Sampah Induk Jogja oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3, Wakil Walikota Yogyakarta, Direktur Utama Harian Kedaulatan Rakyat, perwakilan TNI/POLRI, perwakilan OPD Pemerintah Kota Yogyakarta, dan perwakilan bank sampah warga Kota Yogyakarta. Selain itu, diselenggarakan juga lomba-lomba yaitu Lomba Yel-yel Kampanye Peduli Sampah dan Lomba Membuat Lampion dari Botol Plastik Bekas. Lomba yel-yel diikuti oleh siswa-siswi SD di Kota Yogyakarta, dimana setiap tim menampilkan yel-yel dengan lirik dan lagu serta koreografi yang memikat, dan mengenakan kostum hasil daur ulang. Sedangkan lomba membuat lampion diikuti oleh perwakilan bank-bank sampah di Kota Yogyakarta, menggunakan bahan baku botol plastik dan berbagai macam bahan bekas pakai. Lomba membuat lampion ini menunjukkan kreativitas warga masyarakat dalam mendaur ulang sampah.

 

Salah Satu Tim Peserta Lomba Yel-yel Kampanye Peduli Sampah

 

Suasana Lomba Membuat Lampion dari Botol Plastik Bekas

Para rombongan dari KLHK RI menyempatkan diri memberikan pembinaan dan menyelenggarakan diskusi dengan para anggota Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti Kota Yogyakarta. Tema pembinaan adalah mengenai pengelolaan sampah dan pembuatan kompos. Pembinaan dan diskusi diikuti dengan penuh semangat oleh para anggota Pramuka.

Tim dari KLHK RI, Kepala DLH Kota Yogyakarta Memberikan Pembinaan kepada Anggota Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti Kota Yogyakarta

Acara Peringatan HPSN 2018 ini berjalan dengan lancar berkat kerjasama dan dukungan berbagai pihak. Diharapkan adanya acara ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya di Kota Yogyakarta, mengenai pentingnya pengelolaan sampah dan menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

bangtas

Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Lokasi Kantor
Search
Polling
Apakah Website Dinas Lingkungan Hidup ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat68.24%
Cukup Bermanfaat14.16%
Bermanfaat6.44%
Kurang Bermanfaat6.44%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 226 Kemarin 79 Bulan Ini 2940 Tahun Ini 16504 Total Pengunjung 47308
Agenda Rapat Hari Ini
Video Youtube
Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Kota Jogja

IKLH Tahun
IKLH
Kualitas Udara
Kualitas Air Sungai
Kualitas Tutupan Hutan

Link Terkait