Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung sehingga Kota Yogyakarta kembali meraih piala Adipura
rizkyselvasari, 01 Maret 2018 Mengoptimalkan Pemanfaatan RTHP Giwangan dengan Bertanam Kelengkeng
berita

Dimulai dari 2015, warga Kelurahan Giwangan sangat antusias dalam melakukan penanaman pohon Kelengkeng di sekitar tempat tinggal mereka. Beberapa lokasi untuk penanaman pohon tersebut antara lain di penggal-penggal jalan lingkungan dan di RTHP Kelurahan Giwangan. Animo tersebut secara tidak langsung menjadi titik awal kepedulian warga terhadap lingkungan sekitar. Menjadi kesyukuran tersendiri dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta karena warga sendiri yang menginisiasi dilakukannya penghijauan yang lebih intensif dengan melakukan penanaman kelengkeng.

Pada tanggal 20 Februari 2018 lalu, warga bersama dengan stakeholder terkait menyelenggarakan event bertajuk Panen Raya Bersama yang berpusat di RTHP Giwangan dengan mengangkat informasi dan tujuan ke depan untuk Kampung Sanggrahan sebagai salah satu kampung wisata penghasil kelengkeng di tengah kota. RTHP memiliki peran penting untuk mendukung tujuan tersebut karena di dalamnya ditanami beberapa tanaman kelengkeng sebagai objek yang diangkat untuk membangun brand Kampung Sanggrahan. Selain itu, RTHP memiliki fasilitas pendukung yang terpelihara dengan baik.

Sebelumnya, dilakukannya penghijauan dengan penanaman tanaman kelengkeng bertujuan untuk melakukan upaya konservasi sumber daya air tanah dan iklim mikro di sekitarnya. Namun, panen raya bersama ini menjadi bonus dari dilakukannya konservasi lingkungan tersebut. DLH bekerjasama dengan warga Kampung Sanggrahan Kelurahan Giwangan melakukan penghijauan dengan pemeliharaan tanaman terutama di dalam RTHP, di mana sebagian tanaman kelengkeng ditanam di RTHP.

Pengembangan tanaman kelengkeng di RTHP Giwangan dan sekitarnya ini diharapkan menjadi upaya yang optimal dalam pemanfaatan RTHP Kelurahan Giwangan, serta dapat melakukan upaya konservasi air dan udara dengan maksimal, berkelanjutan, dan hasil panennya dapat dijadikan komoditas untuk meningkatkan ekonomi warga setempat. Sehingga, RTHP Kelurahan Giwangan  memiliki nilai tambah dari segi fungsi. Bukan hanya sebagai penunjang ekologi dan estetikanya saja, namun juga pemantik meningkatnya nilai estetika dan ekonomi warga setempat.

RTHP

Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Lokasi Kantor
Search
Polling
Apakah Website Dinas Lingkungan Hidup ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat68.24%
Cukup Bermanfaat14.16%
Bermanfaat6.44%
Kurang Bermanfaat6.44%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 167 Kemarin 79 Bulan Ini 2881 Tahun Ini 16445 Total Pengunjung 47249
Agenda Rapat Hari Ini
Video Youtube
Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Kota Jogja

IKLH Tahun
IKLH
Kualitas Udara
Kualitas Air Sungai
Kualitas Tutupan Hutan

Link Terkait